Jumat, 16 Juli 2010

Dampak ENSO Sumberdaya Air dan Masyarakat Lokal di Sulawesi Tengah

Respon Hidrologi terhadap Kejadian ENSO : Studi Kasus Sungai Palu.

Sistem sungai adalah integrator tertutup dari curah hujan pada skala luas. Karenanya, laju pengisian sungai bisa merupakan indikator untuk anomali curah hujan. Data arus anak sungai Palu yakni sungai Wuno (190km2) dan sungai Miu (177m2) menunjukkan pengaruh ENSO terhadap siklus hidrologi.

Pada tahun ENSO yang terjadi di Sulawesi Tengah memiliki karakteristik penurunan curah hujan selama musim kemarau yang berlangsung dari bulan Agustus sampai dengan bulan November. Kejadian kemarau yang ekstrim ini berhubungan erat dengan penurunan arus sungai dibawah normal. Terutama selama tahun kejadian El NiƱo terbesar 1997/1998, terjadi arus sungai yang sangat rendah yang diukur pada stasiun pencatat di dua daerah pengamatan. Jika di bandingkan, rataan laju pengisian dengan laju pengisian yang rendah pada tahun 1997- 1998 di dua lokasi pengamatan, secara total diperoleh penurunan laju pengisian sebesar 60 persen dari anak sungai Wuno dan 80 persen dari anak sungai Miu.

Rumusan masalah

1. Perbedaan respon terhadap resiko kejadian ENSO di dua daerah penelitian menandakan terdapat hubungan yang kuat terhadap keragaman karakteristik fisik di daerah pengamatan.

2. Keragaman curah hujan yang tinggi di daerah sungai Palu menandakan kerentanan terhadap kemarau.

Penjabaran Judul

Produksi tanaman di daerah tropis memiliki kendala terhadap terjadinya keragaman iklim yang mana sering ditimbulkan akibat adanya fenomena ENSO. Di Indonesia, kejadian ENSO berhubungan erat dengan kondisi kemarau yang panjang.

Pada empat tahun ENSO antara periode 1973-1992, rata- rata curah hujan tahunan hanya sekitar 67% dari rata-rata curah hujan selama kurun

waktu 20 tahun pada dua jenis area tanaman utama yang terdapat di Pulau Jawa. Terdapat fakta bahwa bersamaan dengan terjadinya pemanasan global maka frekuensi dan besarnya dampak kejadian ENSO akan mengalami peningkatan selama abad 21.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada ”DAMPAK ENSO TERHADAP SUMBER DAYA AIR DAN MASYARAKAT LOKAL DI SULAWESI TENGAH”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar